Selasa, 12 Juni 2012

REFLEKSI DIRI : Mengapa dan Untuk Apa Saya Disini?

Refleksi diri malam ini (12 Juni 2012) adalah tentang masa depan saya terkait kuliah yang sedang saya jalani saat ini. Ya, sebenarnya sudah sejak awal memasuki masa kuliah, saya terus bertanya, "kenapa saya memilih jurusan ini?" Pertanyaan itu ternyata terus berlanjut sampai saat ini, saat saya sudah menginjak semester 4.

Jujur saja, ilmu ini bukanlah minat saya. Bahkan, terpikirkan pun tidak. Saya juga tidak memiliki gambaran atau bayangan akan jadi apa saya nanti setelah lulus? atau gampangnya, apa yang akan saya lakukan setelah lulus? Semua pertanyaan itu berkecamuk di dalam batin dan pikiran saya. Kadang, disaat saya sedang berada "dibawah", yang muncul hanyalah rasa pesimis dan takut. Ya, saya takut akan masa depan saya.

Saya takut mengecewakan Ibu dan Bapak dalam hal akademis di kuliah saya. Saya takut tidak mampu menyelesaikan pendidikan sarjana selama 4 tahun. Saya takut jika Ibu dan Bapak harus terus menerus mengeluarkan biaya untuk kuliah yang harganya selangit. Saya takut untuk menjalani suatu hal (pekerjaan) yang bukan menjadi passion saya. Karena, percayalah, saya tidak akan total dalam menjalani nya. Saya takut, hal itu akan menjadikan saya manusia paling tidak tahu diri, karena sudah (bahkan hampir selalu) menyusahkan kedua orangtua namun tidak bisa memberikan kebahagiaan untuk mereka.

Berusaha untuk tetap bertahan adalah hal yang saya lakukan sampai detik ini. Saya sama sekali tidak ingin mengeluh. Karena, saya merasa keluhan itu hanya akan membuat beban hidup semakin berat dan mencerminkan kelemahan dalam diri. Saya tidak mau dan tidak suka akan hal itu. Tapi, keadaan memaksa saya untuk mengeluh. Bahkan, hampir setiap hari. Saya mengeluhkan beban kuliah yang semakin berat. Saya mengeluhkan kemampuan akademis saya yang hanya pada angka rata-rata. Saya mengeluhkan mengapa saya ada disini?

Mengapa saya ada disini? Pertanyaan itu terus muncul dalam benak saya. Bahkan, kini ada lagi satu pertanyaan yang masih belum bisa saya temukan jawabannya. Untuk apa saya ada disini? Karena, ada ketakutan dan keraguan yang saya rasakan saat ini akan masa depan saya.. Tuhan, saya takut :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar